Friday, February 19, 2016

pidato tentang menerapkan sikap disiplin di sekolah

Assalamu Alaikum wr.wb

Yang Kami Hormati Saya dan Ibu Guru
Yang saya Banggakan  Seluruh Siswa SMA Negeri 1 Jakarta


Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT karena berkah dan karunianya kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal’afiat pada hari yang cerah ini.


Perlu kita mulai pahami dari sekarang bahwa Ada bayak hal yang barangkali perlu kita ketahui bersama supaya nanti dalam proses belajar mengajar tercipta kondisi yang baik untuk proses belajar mengajar kita.

Salah satu yang perlu saya sampaikan adalah bahwa sudah pasti di setiap sekolah akan diberlakukan tata tertib sekolah termasuk di sekolah ini.

Ada satu hal yang mungkin terus harus kita bangun yaitu kesediaan kita untuk mememnuhi tata tertib yang akan diberlakukan.

Kata akan melihat hasilnya nanti ketika disiplin ini sudah menjadi kebiasaan kata adalah akan tercipta proses belajar mengajar yang berhasil baik dan menjadikan kita bisa nyaman belajar secara maksimal.

Karenanya kerjasama kita semua dengan memahami arti pentingnya sebuah sikap disiplin sudah pasti akan berbuah keberhasilan.

Saya dan pihak sekolah tidak bisa memaksa kita untuk melakukan sesuatu aturan kecuali ada kesadaran kita untuk bisa kerjasama dengan baik.

Mari kita coba melihat betapa kerjasama kita untuk membangun kedisiplinan ini begitu penting. Setidaknya ada 2 hal yang bisa kita lihat bersama.

Pertama : Kedisplinan Adalah Harga Diri
Ketika disiplin ini tumbuh maka secara perlahan dan pasti sekolah kita akan dihargai oleh oleh orang lain atau sekolah lain. Sekolah kita akan dilihat sebagai sekolah yang bonafid, dan bisa jadi dianggap sebagai sekolah pavorit. Ini adalah kebanggan buat kita semua. Sekolah kita dianggap sebagai sekolah yang berkualitas.

Seseorang yang mencoba untuk mendisiplinkan dirinya adalah ciri orang yang punya karakter. Ia unggul di banding teman-teman yang lainnya dan bisa dipastikan orang seperti ini sangat berpeluang besar meraih keberhasilan gemilang di hari depannya. Coba lihat dan amati saja nanti.

Kedua : Kedisplinan Adalah Kebanggaan
Alangkah sangat beruntung jika diantara kita sudah ada yang mulai menyadari secara mendalam betapa pentingnya disiplin.

Setiap orang adalah pemimpin. Dan yang namanya pemimpin ia pasti orang yang dikatakan sukses. Maka alangkah bahagia jika kita sudah bisa memimpin, yakni memimpin diri sendiri untuk mencoba hidup disiplin. Inilah salah satu tanda yang sangat nyata apakah kita bisa memimpin atau tidak.

Jiwa kepemimpinan adalah kunci untuk mencapai kesuksesan dan barangkali alangkah tepat jika disiplin mentaati peraturan sekolah ini dilihat oleh kita sebagai ajang latihan untuk memimpin diri.

Dengan demikian maka akan muncul rasa bangga kita terhadap diri sendiri. Kita akan merasa menjadi orang yang berhasil melakukan sesuatu, orang yang lebih optimis. Lebih hebat lagi kita akan menjadi orang yang merasa lebih mandiri dari sebelumnya. Sadar atau tidak sadar kita akan merasakannya sendiri.

Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat buat kita semua. Dan semoga dengan kedisiplinan ini mengantarkan kita semua menjadi orang-orang yang bisa membawa nama harum sekolah kita dan menjadi kebanggaan ibu dan saya kita.

Sekian dulu apa yang saya sampaikan. Mohon maaf jika ada kata-kata yang menyinggung perasaan atau tidak pantas untuk disampaikan. Sekali lagi mohon maaf sebesar-besarnya.

Wassalamu 'alaikum wr.wb.

No comments:

Post a Comment